Cara Menghadapi Serangan Alergi

http://4.bp.blogspot.com/-TDSGihH2ehs/UvOyNJRqMoI/AAAAAAAAAAc/tVKH64_s2TM/s1600/2.gif
Bookmark and Share
Anda punya alergi turunan atau tiba-tiba terserang alergi akibat perubahan cuaca yang ekstrim misalnya? Jika  iya, tentu mengganggu bukan. Tanda-tanda alergi bisa terlihat dari hidung yang tiba-tiba tersumbat, mata berair, kulit gatal-gatal saat cuaca dingin melanda dan masih banyak lagi. Alergi yang tiba-tiba ini biasanya menganggu dan berikut ini beberapa cara menghadapi serangan alergi.

Habiskan Waktu Pagi Anda di Rumah
Biasanya, orang-orang yang rentan terhadap alergi terserang alergi saat udara lembab, angin kencang dan atau tiba-tiba cuaca menjadi buruk. Udara yang lembab biasanya terjadi di pagi hari. Usahakan habiskan waktu pagi Anda sejak pukul 5-10 di rumah. Atau siapkan obat alergi jika Anda ingin bepergian.

Mandi 2 Kali Sehari
Debu dan kotoran-kotoran yang super kecil memang tidak bisa kita lihat tapi mereka menempel di badan dan pakaian Anda. Debu akan membuat Anda bersin-bersin dan hidung mengeluarkan lendir. Anda bisa menghilangkan debu dengan mandi 2 kali sehari. Selain sehat, mandi bisa membersihkan Anda dari kotoran dan kuman.

Tutup Jendela Mobil Anda
Saat berkendara dengan mobil, usahakan jangan membuka jendela terlalu lebar. Karena saat Anda memacu kendaraan lebih cepat, debu-debu jalanan akan ikut terbang dengan cepat juga. Debu akan menempel di mobil dan baju Anda.

Cuci Tangan dan Pakaian 
Kebiasaan mencuci tangan setelah memegang benda-benda berdebu akan sangat mengurangi serangan alergi. Begitu juga dengan mencuci pakaian dengan segera. Mencuci pakaian dengan segera akan mengurangi pertumbuhan virus dan jamur yang menempel pada pakaian kotor.

Hindari Alkohol
Saat Anda terserang alergi, hidung Anda tak berhenti mengeluarkan lendir. Dan untuk mengurangi keluarnya lendir Anda tidak disarankan untuk meminum alkohol karena akan memperparah alergi.

Pakai Masker
Memakai masker penutup hidung saat Anda berkebun atau membersihkan gudang adalah salah satu cara yang efektif untuk menghindari serangan alergi. Dengan menutup hidung, debu-debu yang berterbangan tidak langsung masuk ke hidung Anda.

Hindari Polusi
Selain menutup hidung dengan kain atau masker, hindari polusi jalanan dan asap. Polusi adalah salah satu penyebab alergi terparah karena polusi menyebabkan saluran pernafasan Anda menjadi tidak sehat.

Sediakan Obat Alergi
Bagi Anda yang tingkat alerginya sudah parah, sediakan selalu obat anti alergi. Misalnya obat-obatan yang mengandung antihistamin. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum memilih obat anti alergi.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar